.

Sabtu, 10 November 2012

Resume Pertemuan Keenam


Pada pertemuan keenam mata kuliah profesi kependidikan, kelompok 2 memaparkan tentang standar isi. Pengembangan kurikulum adalah sebuah proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi belajar mengajar yang baik.

Materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal memuat:  
  • Kerangka dasar kurikulum
  • Pengembangan kerangka dasar
  • Struktur kurikulum
  • Beban belajar
  • Kurikulum tingkat satuan pendidikan
  • Kalender pendidikan

Prinsip pengembangan kurikulum:
  1. Berpusat pada potensi, perkembangan kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
  2. Beragam dan terpadu
  3. Tanggap terhadap perkembangan iptek dan seni
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Ada beberapa sekolah yang menyelenggarakan program pendidikan dengan sistem paket atau SKS. Sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh mata pelajaran dan beban studi yang sudah ditetapkan untuk setiap tingkatan kelas, sesuai dengan struktur yang berlaku pada satuan pendidikan yang dimaksud. Struktur kurikulum yang digunakan dengan SKS disusun tersendiri. Kegiatan pengembangan diri tidak termasuk beban belajar, karena substansinya dipilih sendiri oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan, minat, dan bakat. Kegiatan pengembangan diri ini dialokasikan waktu ekuivalen dua jam pelajaran.

Kurikulum satuan pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Kalender pendidikan, adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan ini mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan hari libur.

0 komentar:

Posting Komentar